SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Kamis, 09 Mei 2013

10 Hal Yang Bisa Merusak Kemampuan Otak


Fungsi otak

Kali ini saya men-share-kan tentang 10 Hal Yang Bisa merusak Kemampuan Otak. Mungkin postingan ini sudah banyak yang mengetahuinya, namun saya rasa tidak ada ruginya kalau kita membaca ulang agar bisa teringat kembali dan minimal menjadi alarm buat sohib Pandawa Lima agar bisa menjaga kesehatan otak. Dan juga bisa menjadi tambahan buat keluarga kita.

Kita telah mengetahui bahwa Otak merupakan organ tubuh yang sangat vital dan merupakan pusat pengendali sistem syaraf kita. Otak bekerja mengatur dan mengkordinir setiap gerakan-gerakan tubuh dan fungsi tubuh homeostasis*) seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

*) Homeostasis adalah kemampuan suatu organisme dalam mengatur dan menjaga keseimbangan lingkungan internalnya di bawah pengaruh perubahan lingkungan eksternalnya.


Otak juga berperan dalam fungsi pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Pola hidup sehat sangat dibutuhkan agar otak kita dapat selalu berfungsi normal, tanpa itu kerja otak kita lambat laun akan mengalami penurunan.

Berikut 10 penyebab rusaknya otak kita :

1. Tidak Sarapan
Mereka yang tidak membiasakan diri untuk sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, ditambah lagi dengan makanan berkadar lemak tinggi, kebiasaan ini akan mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak oleh penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah.

3. Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula
Mengkonsumsi gula yang berlebih akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

5. Polusi Udara
Karena otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh, bisa dibayangkan jika dalam keseharian kita menghirup udara yang berpolusi, ini jelas menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup Kepala Saat Tidur
Kebiasaan tidur dengan kepala tertutup berpotensi meningkatnya konsentrasi zat karbon dioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen pada otak.

8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Tubuh tidak Fit
Bekerja terlalu keras terutama dalam berfikir saat kita sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak dan dapat merusak otak.

9. Kurang Stimulasi Otak
Berpikir adalah cara yang paling mudah untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. Jarang Berbicara
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu cara memacu kemampuan kerja otak kita. Berkomunikasi secara intelektual akan memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.

Semoga bermanfaat ya...

PANDAWA LIMA

Sumber : dari berbagai sumber

66 komentar:

  1. Wah.. otak saya termasuk error ya mas, ndak pernah sarapan sih?
    Pantes saja jika tanggal tua saya merasakan pusing. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, tanggal tua itu tanggal berapa ya Mbak Indah? Karena buat saya tanggal dikalender itu semuanya tanggal muda hehehehe..
      Btw, kalau masalah otak error, saya ndak tahu lho Mbak..
      Mungkin mbak Indah memang gak pernah sarapan, tapi makan pagi hari sering kan? hhehehe...

      Hapus
    2. bener kok mas, saya jarang banget sarapan di pagi hari. jam 11 siang saya udah merasakan lapar dan itu yg saya sebut sarapan siang. mungkin tidak terbiasa dan jika dipaksakan malah sakit peyut. yah itung2 diet lah ...

      Hapus
    3. hehehe pas tanggal tuanya ini nih mbak Indah nyindir saya,soalnya saya juga suka pusing hahaha

      Hapus
    4. Eh,.. biar sama pemahaman tentang sarapan nya nih..
      Kalau saya yg namanya SARAPAN (NYARAP) itu adalah memasukkan segala sesuatu berupa makanan (kue/singkong/ubi/nasi/mie/snack apalah) atau minuman (kopi/teh/jus atau apalah) disaat pagi hari sekitar pukul 07.00 s/d 09.00 WIB.
      Kalau diantara itu semua masih juga gak Mbak Indah lakukan, ya baru saya percaya. Tapi kok tetap indah dan seger ya??? Hehehehe
      Buat kang Dede, masa sih kang? Bukannya seorang chef dapat tip tu dari konsumen? hehehehe

      Hapus
    5. nah itu dia mas, saya jg bingung kenapa yah meski selalu terlambat sarapan tetep cantik. galau nih...hahahh

      Hapus
    6. walahhhh ... piye iki lho mbak
      Gemes nih jadinya
      Coba kalu dekat, tak cubit sampean... biar hilang galaunya....hhehehehe..

      Hapus
  2. Di harapkan kita rajin ngeblog..justru membuat bagus kerja otak ya mas...
    Hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh... wah dapat kritikan dari Kang Budi nih... hehehehe
      Btw, saya sependapat deh dengan kang Budi...

      Hapus
    2. hehe...ndak kok mas :)
      kalau pun itu bisa bener...palingan justru buat saya hehehe :)

      Hapus
    3. Soalnya kena banget nih di saya... hehehehe

      Hapus
    4. Saya setuju juga sama mas Budi, kalau kita rajin ngeblob justru otak kita akan terus bekerja dan bagus untuk otak selain itu kita juga semakin pintar hehe...

      Hapus
    5. Setuju dah sama agan semuanya...

      Hapus
    6. tapi di no 6, kurang tidur tuh,sedangkan saya kalau ngeblog sampai larut malam berarti tidur saya jadi kurang dong,,,wah bahaya nih Mas

      Hapus
    7. haha.....asal jangan tidur nyambi masak loh kang dede...hehehe

      mas anthonie : moga juga bisa bermanfaat dan ngebawa pahala ya mas...amin :)

      mas twong : saya juga sepakat mas hehe...

      Hapus
    8. Buat kang Dede,
      Tapi siangnya bobo kan. hehehhe..
      Btw, jangan sampai ketiduran sewaktu memasak ya kang, ntar hangus deh makanan pesan customer...

      Hapus
  3. Justru kalau tanggal muda otak saya makin pusing. Bingung uangnya mau digunakan untuk apa? kalau disimpen takut dimakan kelelawar. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah walah mas... Kalau bingung mau dikemana-in uangnya, saya dengan senang hati menampungnya lho.. Soalnya muatan brankas saya buanyak banget... hehehehe

      Hapus
  4. bicara itu seperti layaknya buah simalakama nih kang dalam hal ini.. tapi memang kadarnya barangkali yah yang perlu diperhatikan.. tidak berlebihan :) terimakasih atas artikelnya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, yg penting bicara seperlunya dan bisa dipertanggungjawabkan.
      Btw, makasih atas supportnya ya sohib

      Hapus
  5. waduh saya dominan 1,3,4,6 susah dihilangin tuh
    makasih sob sudah kasih info penting salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar saran aja mas, semoga bermanfaat ya mas cahyo.
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya

      Hapus
    2. makasih banget sudah berbagi saran mas sangat bermanfaat bagi saya :)

      Hapus
    3. yup, sama-sama ya mas cahyo...

      Hapus
  6. no 3.adalah kebiasaan saya Mas,gimana yah soalnya susah banget menghindar dari kenyataan tersebut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, yg penting berusaha aja kang Dede. Karena u yg no.3 saya berhasil kok. Saya terakhir merokok sekitar awal tahun 2000 dan sampai sekarang alhamdulillah sudah berhenti total bahkan kalau kena asap rokok malah pusing.

      Hapus
    2. pernah mencoba sampai 3 bulan,tetapi begitu dipindah kerja ke tempat baru ehhh malah tergoda lagi sob ,hehehe

      Hapus
    3. tergoda apa an tuh kang.... :)

      Hapus
    4. hehe mas Budi,itu mas tergoda asap asap geetoo hehe

      Hapus
    5. walahhhh... maksudnya asap dari masakan buatan kang Dede? ckckckck......

      Hapus
    6. kucek..kucek...ho ta he...dong...wkwkwk :D

      Hapus
    7. Hahahaha... Bisa aja nih Kang Budi

      Hapus
  7. polusi udara sulit dihindari mas, apalagi no.3 kebiasaan saya, waduh saya menghirup polusi udara yang disebabkan oleh kebiasaan saya, wkk...
    terima kasih ulasannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... info diatas bisa jadi saran kesehatan buat sohib. semoga bermanfaat ya.
      Btw, saya dulu juga perokok dan alhamdulillah sekarang sudah berhenti total.

      Hapus
  8. pada point 10 sepertinya yang sekarang di alami oleh sahabat saya Sob...ada sahabat saya yang saking GALAU nya gara gara cinta sudah hampir 2 bulan ini dia jarang sekali berbicara, diammmmm terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah.... mungkin sahabat ente lagi intropeksi diri kali mas. Sehingga lebih banyak diam dan mungkin ke-GALAU-annya akan berkurang dengan cara seperti itu. Yg penting masih hidupkan dan mau beribadah menjalankan agamanya..

      Hapus
  9. wah benar^ mantap sobat ini postingan yg berguna sekali pandawa, saya save dulu nih, terima kasih banyak sudah berabgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, semoga bermanfaat dan berkah ya Om...
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya Om.

      Hapus
    2. sama sama sobat, saya juga mengucapkan terima kasih,karena dengan mengetahui 10 hal tersebut kita jadi lebih tahu dan perluwaspada.
      terima kasih sobat

      Hapus
    3. Yup, akur deh Om....

      Hapus
    4. siip sobat, pokoknya postingan ini mantap dan sukses, terima kasih

      Hapus
    5. Oke deh Om.... Semoga sehat dan sukses selalu ya...

      Hapus
  10. wah saya kurang tidur dan jarang berbicara nc gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, maksudnya kurang tidur atau kurang tidur banget.....?
      Dan jarang bicara, maksudnya jarang bicara sendiri gitu? hehehehe

      Hapus
  11. saya cerewet jadi gak rusak kan??.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, ... tp gak tegangan tinggi kan Miz-Tia? Soalnya, biasanya orang yg ginian rentan dengan masalah syaraf lho... hehehehe...

      Hapus
    2. astaga.. enggak lah, tetep bisa terkontrol kok :) .

      Hapus
    3. Alhamdulillah.. semoga tetap sehat dan sukses selalu ya....

      Hapus
  12. nomer 1, 5, 6 .. tiga point dan kadang-kadang ditambah point 2 dan 8 hehe... hmm harus udah diperiksa kali ya ni otak hehe.

    Makasih buat kunjungannya ke blogQ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waspada aja deh Mbak....
      Mudah-mudahan kalau masih bisa komen disini berarti masih cespleng tuh otaknya... hehehehe

      Hapus
  13. hadir di hari minggu sobat,,semoga liburannya menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, makasih ya Mas Cahyo atas do'a dan supportnya...

      Hapus
  14. Wah kadang saya agak kurang tidur nih mas, mudah-mudahan otak saya nggak kenapa-kenapa hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      Btw, makasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  15. merokok ternyata bisa berbahaya bagi otak, tapi ternyata jarang berbicara juga berbahaya bagi otak...wah gawat kalo begitu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh info ys saya dapatkan.
      Btw, mungkin yg dimaksud disini jarang bicara alias mogok ngomong kali lho Om Sohib sehingga orang lain gak tahu ada apa dengannya.... hehehe..kali ya Om

      Hapus
  16. hadir di sore hari sob sebelum mandi,,,, apakabarnya nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mandi dulu dong....





      piss... mas wkwkwk :D

      Hapus
    2. Walah walah walah...... pantesan...! hehehehe

      Hapus
  17. trnyata pantangannya bnyk jg ya pak.., point2 ditas hampir semua org pernah melakukannya... *smile

    thx infox Pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting gak keterusan dan sedang-sedang saja..
      Btw, makasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan supportnya. Btw, mohon maaf komentar tidak boleh disisipi link ilegal. Jadi saya hapus...

      Hapus
  19. kunjungan perdana nih mas, bahas soal otak kayanya saya no.3 nih, dan dan sy juga harus berterima kasih sama (http://blog.ahmadrifai.net/2012/03/membuat-menu-serta-sub-menu-tanpa.html) tapi saya lupa ternyata disini ada yang pake juga makasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga bisa membantu ya...

      Hapus

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"