SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Rabu, 15 Agustus 2012

CARA MEMBUAT SUB MENU PADA MENU UTAMA DI BLOGSPOT


Sub Menu
Salam luar biasa…

Sekarang banyak sekali informasi tentang cara menambah / membuat sub menu untuk menu utama di internet. Kita bisa dengan mudah mencari informasi tersebut hanya dengan mengetikkan kata tertentu sesuai maksud yang diinginkan pada salah satu mesin pencari (search engine) seperti google.com , maka akan tertera informasi yang kita inginkan.

Berdasarkan pengalaman saya, dari beberapa informasi yang kita maksud, terkadang kurang jelas cara atau langkah-langkah yang mesti dilakukan. Apalagi seperti saya yang masih awam dengan pengetahuan tentang blogger ini. 


Karena itu, saya akan membagi pengalaman saya tentang suatu informasi yaitu cara membuat sub menu pada menu utama di blogspot”.
Sebelumnya, saya sangat berterima kasih kepada Mas Ahmad Rifai (http://blog.ahmadrifai.net/2012/03/membuat-menu-serta-sub-menu-tanpa.html) walaupun kita belum saling mengenal satu sama lain.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan :
  1. Klik Menu Desain 
  1. Pilih Menu Template lalu pilih menu Edit HTML 
  1. Pilih/klik menu Lanjutkan
  1. Pilih/klik menu Expand Template Widget
  1. <div class='main-outer'> atau
    <div id='main-wrapper'> atau <div id='main'>
     
    Cari scrift berikut :



Agar lebih mudah, klik saja F3 pada keyboard lalu pilh salah satu scrift diatas. Berdasarkan pengalaman saya setelah membolak balik informasi di www.google.com maka yang cocok adalah :
div class='main-outer'>.
Bisa jadi beda dengan template yang lain…

Setelah dapat, copas scrift berikut tepat diatas scrift yang dicari tadi : 


<style>
/* -- Menu Horizontal + Sub Menu-- */
#cat-nav {background:#156994;margin:0 15px;padding:0;height:35px;}
#cat-nav a { color:#eee; text-decoration:none; text-shadow: #033148 0px 1px 0px;border-right:1px solid #156994;}
#cat-nav a:hover { color:#fff; }
#cat-nav li:hover { background:#000; }
#cat-nav a span { font-family:Verdana, Geneva, sans-serif; font-size:11px; font-style:normal; font-weight:400; color:#fff; text-shadow:none;}
#cat-nav .nav-description { display:block; }
#cat-nav a:hover span { color:#fff; }
#secnav, #secnav ul { position:relative; z-index:100; margin:0; padding:0; list-style:none; line-height:1; background:#0d5e88; }
#secnav a { font-family:Georgia, "Times New Roman", Times, serif; font-style:italic; font-weight:700; font-size:14px; display:block; z-index:100; padding:0 15px; line-height:35px; text-decoration:none;}
#secnav li { float:left; width: auto; height:35px;}
#secnav li ul  { position: absolute; left: -999em; width: 200px; top:35px}
#secnav li ul li  { height:30px; border-top:1px solid #fff; }
#secnav li ul li a  { font-family:Verdana, Geneva, sans-serif; width:180px; line-height:30px; padding:0 10px; font-size:11px; font-style:normal; font-weight:400; color:#eee; }
#secnav li ul ul  { margin: -30px 0 0 180px; }
#secnav li:hover ul ul, #secnav li:hover ul ul ul, #secnav li.sfhover ul ul, #secnav li.sfhover ul ul ul { left:-999em; }
#secnav li:hover ul, #secnav li li:hover ul, #secnav li li li:hover ul, #secnav li.sfhover ul, #secnav li li.sfhover ul, #secnav li li li.sfhover ul { left: auto; }
#secnav li:hover,#secnav li.hover  { position:static; }
#cat-nav #secnav {width:100%;margin:0 auto;}
</style>
<div id='cat-nav'>
<ul class='fl' id='secnav'>
<li><a href='#'>Beranda</a></li>
<li><a href='#'>Menu 1</a></li>
<li><a href='#'>Menu 2</a>
<ul id='sub-custom-nav'>
<li><a href='#'>Sub Menu2 a</a></li>
<li><a href='#'>Sub Menu2 b</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href='#'>Menu3</a>
<ul id='sub-custom-nav'>
<li><a href='#'>Sub Menu3a</a></li>
<li><a href='#'>Sub Menu3b </a></li>
</ul>
</li>
<li><a href='#'>Menu4</a>
<ul id='sub-custom-nav'>
<li><a href='#'>Sub Menu4a</a></li>
<li><a href='#'>Sub Menu4b </a></li>
</ul>
</li>
<li><a href='#'>Menu5</a></li>
</ul>
</div>


PENJELASAN :

7. Setelah itu klik Pratinjau dulu untuk memastikan scrift sudah benar . Lalu simpanlah/save. Dan tutup edit HTML tersebut.

Saran : back up dulu template anda sebelum merubah/menambah scrift diatas, agar bisa dimanfaatkan kembali jika ada masalah dengan penambahan srcritf diatas.

8. Untuk menghilangkan tampilan tampilan dabel dengan Laman Utama, 
Maka ikutilah saran berikut :

  • Masuk ke Menu Laman 
  • Lalu pilih tampilan halaman dengan memilih "jangan tampilkan"
  • Simpan setelan, maka laman utama akan tampil sendiri sesuai dengan scrift yang kita ketikkan tadi.
Blog sudah bisa dipublikasikan...

Semoga sharing yang saya buat ini bisa bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan kita semua.

Salam


498 komentar:

  1. Ass Sobat, Sorry yang gede, Ini saya copy, tak taruh di Kimiyaqu. Kebetulan saya butuhkan ilmunya...,

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya gan,, ditunggu info menarik lainnya ya..hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih tutorial nya :D Sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup,... terima kasih jg atas supportnya ya...

      Hapus
  4. Terimakasih gan atas informasinya.... sangat bermanfaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga ya sohib atas kunjungannya

      Hapus
  5. aduh gak ngerti ni cara nge-blog

    BalasHapus
  6. makasih mas, bermanfaat banget, saya juga dimedan.
    saya baru belajar nge-blog.

    mau tanya nih, kalau udah dbuat menu dan sub-menu, gimana cara mengisinya dengan tulisan-tulisan saya?, mohon petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp.. Selamat bergabung..
      Untuk hal yang ditanyakan, Coba baca ulang dulu postingan saya ini dengan cermat. Setelah itu perhatikan tulisan yg warna biru. Nah disitulah judul postingan yang ingin dimasukkan. Kalau belum ngerti juga, call saya ya..

      Hapus
    2. nah ini pak sama dengan saya saya tidak bisa ngisi tulisannya di judul n sub judulnya. saya bingung tanda # saya ganti 'laman' betul ga? truss ngisi tulisannya gmn. mohon bimbingannya ya pak

      Hapus
    3. Bisa dilihat penjelasan saya di pertanyaan sohib PP Nurul Jalal dan Irsan bakti dibawah ya...

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Infonya sudah saya masukkan di email sohib....

      Hapus
  8. terimakasih, saya sudah mencobanya, berhasil. tapi ketika saya klik salah satu submenu dan masuk ke halaman dimaksud, tab2 "beranda,menu1,menu2" jdi ga ada. :-( bingung euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum bisa jawab pertanyaan sohib, karena blog sohib belum dipublikasikan.
      Btw, seharusnya bila benar sudah sukses dan muncul pada tampilan blog, maka sewaktu kursor/mouse diarahkan maka submenunya akan muncul....

      Hapus
  9. suwun pakde sehat selalu... banyak rejeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabbal 'alamin... smg sampean juga begitu ya sohib...

      Hapus
  10. makasih gan, mau dipraktekin dulu soalnya newbie, sementara ijin copy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sohib... Smg bermanfaat dan sukses ya...

      Hapus
  11. gan mau nanya, untuk merubah warna background menu, warna tulisan,ukuran dan warna menu saat pointer berada di menu tersebut gimana ya??
    tolong ksh tau scrift mana yang harus sya edit.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalau mau rubah warna background-nya ganti kode {background:#156994;=>ganti kode warnanya)untuk mempermudah bisa lihat halaman "Kode Warna" di pandawa Lima ini.
      2. { color:#eee; => untuk warna ketika kursor/mouse diarahkan
      3. text-decoration:none; text-shadow: #033148 => untuk warna teks shadow
      4. 0px 1px 0px;border-right:1px solid #156994;}=> untuk boredernya....

      untuk yg lainnya bisa sohib cek saja setiap kode seperti :
      - { color:#fff; }
      - background:#0d5e88; }

      Pastikan pratinjau dulu baru di save/simpan...

      Hapus
  12. Sangat bermanfaat sekali sobat
    Terima kasih sudah berbagi
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  13. pak saya masih belum mengerti untuk merubah # dengan label apa? saya mau buat laman beranda, profil, struktur dengan sub menunya, kegiatan dengan sub menunya. gimana ya pak? mohon penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
  14. alhamdulillah saya sudah bisa pak tinggal ngisinya tulisannya saya bingung dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban dari pertanyaan sohib saya rangkum ya.
      1. Tanda # diganti dengan http://pandawalimamedan.blogspot.com/search/label/Komputer (contoh). Kemudian sub menu1 diganti Judul Postingannya. (Diganti di edit HTML ya)
      2. Untuk mengisi tulisannya :
      -Posting aja artikel yg ingin sohib posting.
      -Lalu copy linknya dan ikuti jawaban pertayaan 1.

      Semoga sukses ya....

      Hapus
    2. Alhamdu lillah Gan saya dapat ilmu banyak di sini..

      Ada sedikit kesulitan, maklum tahap belajar.
      Link yang di copasnya yang mana ya..? soalnya pas dipasang terus dicoba di klik di blognya balik lagi balik lagi ke beranda. minta penjelasannya..

      Hapus
    3. Dear Sohib, silahkan baca penjelasan saya dibawah ini kepada sohib Irsan Bakri dan postingan saya kembali khusunya pada bait penjelasan.
      Oh iya, saya ada tambah penjelasan dipostingan tersebut karena banyaknya pertayaan serupa. Semoga bisa membantu...
      Semoga sukses ya..

      Hapus
  15. bang twong,,mhon dunk arahannya,,ngisi tulisannya bgm,,mulai dr mana,..klo mis udh di tulis tuh yg kt mw posting,,trus copy linknya kemana..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang Mas.
      1. Untuk mengisi tulisan, silahkan posting saja sebuah artikel yg mas Irsan inginkan. Syaratnya : buat label postingan artikel/postingan Mas Irsan. Misalnya : komputer.
      2. Kemudian copy link postingan tersebut, contoh : http://pandawalimamedan.blogspot.com/search/label/Komputer.
      3. Setelah linknya dicopy, masuk ke edit HTML dan ganti tanda # dengan postingan tersebut.
      4. Lalu ganti judil submenu dengan judul postingan Mas Irsan.

      Btw, baca lagi dengan seksama instruksi yg ada dipostingan saya ini.

      Semoga sukses ya...

      Hapus
    2. sama aq jg masih bingung.. bang, mohon yang sabar ya bang...
      lanjut trus pertanyaanya...

      Hapus
    3. Silahkan dibaca lagi postingannya dan pertanyaan serta jawaban pada kolom komentar..
      Semoga berhasil ya...

      Hapus
  16. terima kasih pak, akhirnya saya menemukan sesuatu yang sudah lama saya cari-cari.
    heheheh
    :D

    BalasHapus
  17. maaf ya pak boleh saya ulang takut salah persepsi.
    1. tulis postingan di new post dan buat labelnya mis: struktur. di publis atau draf pak?
    2. copy linknya lalu ke edit html
    3. ganti # dengan link yg sudah di copy

    saya coba masih belum bisa. tp sy akan terua belajar. semoga bisa!!! makasi ya pak. berguna banget!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya sbb ya :
      1. Dipublis dong. Kalau gak, ya gak kebaca orang.
      2. Ya betul. Copy linknya dan masukkan ke dalam edit HTML (sesuai instrusksi postingan saya). dan sesuai label sohib...
      3. Yup benar...

      Smg sukses ya...

      Hapus
  18. Terimakasih Tutornya master. tapi saya mau tanya lagi kalo mau nambah submenu lagi gmana ya?
    misalkan menu 2 submenu nya kan ada
    menu 2
    submenu 1
    submenu 2
    nah biar bisa sampe submenu 3 dan seterusnya gmana mas?
    saya udah coba
    menu 2
    submenu 1
    submenu 2
    submenu 3
    submenu 4 dst gmana? soalnya waktu saya tambah keterangan tidak bisa mengurai XML thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau menambah menunya, tinggal copy saja menu yg sudah ada dan nantinya tinggal diganti. Namun perlu diingat dan diperhatikan dengan seksama adalah letak kode yg ada tanda bahasa HTMLnya.

      Saran saya : kalau ada kesempatan, coba deh dipelajari saja tentang kode bahasa HTML/PHP untuk kode seperti kode <,>, / dan kata2 li atau ul tentang apa saja kegunaannya.
      Mudah-mudahan bisa membantu sohib...
      Silahkan coba lagi ya...

      Hapus
  19. Gan, ane izin share ke blog ane ya..
    kunjungi blog ane ya, kalo bisa komen dan join..
    http://arigizakaza28.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, terima kasih atas undangannya dan juga supportnya.
      Segera ke TKP nih...

      Hapus
  20. Asik berhasil... Makasih gan infonya...

    Salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali sohib...
      Btw, terima kasih jg atas supportnya ya....

      Hapus
  21. bang cara ganti warna pda colom sub menu gmn ?? saya pgen ganti warna dari biru jdi abu2 ??? mhon bimbingan nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca kembali penjelasan saya untuk sohib Muhammad Syaifullah tanggal 21 November 2012 10:00
      Semoga berhasil ya....
      Btw, terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  22. Gan cara nambahin menu laginya codenya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal dicopas aja menu yg sudah ada berikut submenunya. Yg penting pratinjau dulu sebelum di simpan/save...

      Hapus
  23. gan kok pas nambahin sub menu yang diakhir jadi error terus, kanapaya? tapi sub menu di yang ke 2-4 ga kenapa napa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yg ini :
      1. Coba copy kode menu4 berikut submenu-nya jadi menu yg diinginkan. Dan paste-kan diatas menu terakhir.
      ATAW :
      2. Copykan sub menu4 lalu pastekan kedalam menu terakhir. Ingat jgn merubah kode terkahir dipostingan saya ini kalau sohib belum paham bahasa HTML.
      Btw, silahkan baca juga penjelasan saya kepada sohib Achmad Subarkah tgl 9 des 2012
      Semoga berhasil ya....

      Hapus
  24. bagai mana ya cara masukin posting kedalam sub menunya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca ulang penjelasan saya terhadap PP Nuruljalal tgl 7 des 2012 lalu.
      Dan coba cermati lagi postingan saya khususnya penjelasan tentang # dan tulisan yg warna biru..
      Semoga sukses ya...

      Hapus
  25. izin copas x,
    nice share.....
    http://investasiberkahmahatama.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sohib...
      Btw, postingan ini saya buat memang untuk digunakan semua orang. Let's go the bloggers...
      Semoga bermanfaat...

      Hapus
  26. sulit nih master, bagaimana cara ubah panjangya. soalnya panjang menunya melebihi panjang tempeletenya, jadi tidak enak dipandang
    obat tradisional ace maxs
    agen obat tradisional
    tasik tradisional
    pusat obat tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah panik sohib...
      1. Disingkat aja menunya atau
      2. Atur lebar templat-nya saja (menu template>sesuaikan)....

      Smg sukses ya..

      Hapus
  27. Terima kasih bang twong,aku sudah coba lama sebenarnya dengan artikel yang bang twong buat.dan saya minta izin untuk saya buat artikel.karena hari postingannya mau saya posting.sukses selalu bang.
    Jika punya waktu silahkan kunjungi bang blog ane.
    http://pusatkabar.blogspot.com/
    itu menu semua dari sini scriftnya.
    terima kasih ya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. Silahkan sohib...
      Semoga bermafaat buat semua orang..
      Btw, atas undangannya, segera ke TKP...

      Hapus
  28. Met Sore salam kenal gan.
    Sebelum nya terimakasih banyak neh atas info nya.maklum udah muter muter nyari br nemu kayak nya neh yang sesuai kebutuhan.maklum baru newbie gan.mau edit punya ku nih http://naufalindo.blgspot.com
    mohon pencerahan nya gan.
    Terimakasih,sukses selalu buat agan neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali sohib Naufal..
      Untuk masalah yg ditanyakan, setelah saya terawang ke blog ente, maka saya menyarankan :
      tanya pada diri sendiri sohib dulu tentang "Apa tujuan buat blog". Misal : curhat diri sendiri, media sosial, kesehatan, Iptek, atau nano nano/macam2..
      Maka dari situ tinggal dipilih mau posting/share apa yg sohib mau...
      Maka jadilah sebuah blog yg bermanfaat..

      Hapus
  29. waduh gan udah saya coba sesuai petunjuk seperti ini 1. Tanda # diganti dengan http://pandawalimamedan.blogspot.com/search/label/Komputer (contoh). Kemudian sub menu1 diganti Judul Postingannya. (Diganti di edit HTML ya)
    2. Untuk mengisi tulisannya :
    -Posting aja artikel yg ingin sohib posting.
    -Lalu copy linknya dan ikuti jawaban pertayaan 1.
    tapi yang keluar " Maaf, laman yang Anda cari di blog ini tidak ada" tolong gan otak ini lagi gaptek gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sohib perhatikan ulang penjelasan saya terutama dipostingan dan biasanya sohib lupa membuat LABEL dari postingan tsb.
      Coba deh pastikan dulu bahwa setiap postingan ada labelnya...
      Saya sudah cek ke TKP, tp saya tidak bisa memberikan masukan disana karena kolom komentarnya tidak sohib aktifkan..

      Hapus
  30. Mas bro sy udah terapin,tpi bngung m ksih msuk entri ke masing2 menu gmna cranya?bisa kah krim caranya ke email sya. vioart.art@gmail.com
    mksih sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya sudah saya kirim ke email sohib sesuai permintaan.
      Btw, sebenarnya hal yg sama juga dialami oleh sohib Abdulloh tgl 22 Des lalu..
      Semoga bisa membantu ya...

      Hapus
  31. Insya Allah bermanfaat...
    sambangin dong blog aq juga www.hitechmarwah.com, follow ya gan..
    matur nuwun..


    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..
      Btw, silahkan follow Pandawa Lima ya.. Ntar baru saya follow balik www.hitechmarwah.com...

      Hapus
  32. Balasan
    1. up.. Terima kasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  33. bagaimana cara mengisi submenu yang telah kita buat pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ikuti langkah2 yg sudah saya buat di postingan diatas.
      Semoga berhasil ya..

      Hapus
  34. terima kasih pak..
    bermanfaat banget ilmunya...
    semoga berkah ilmunya pak :)

    lagi iseng belajar buat blog bimbel
    icccabang1.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menggunakannya ya Sohib..
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya..

      Hapus
  35. thnks sob tuutorialnya,,
    sukses saya coba,
    tapi saya mau nambah menu didalam sub menu...

    thanks share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya sohib. Btw, untuk menambah menu disubmenunya, hanya tinggal copas saja submenu yg ada.

      Semoga sukses ya

      Hapus
  36. THANK MAS ilmunya

    saya mau nanya gimana caranya biar panjang menunya pas
    dengan gambar templatenya

    thank
    balitour4u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di Copy saja setiap submenu nya sohib...
      Sesuai keinginan sohib, berapa submenu yang ingin ditampilkan.
      Semoga sukses ya...

      Hapus
  37. Balasan
    1. Terima kasih juga atas supportnya ya sohib..

      Hapus
  38. Keren gan :
    Patut dikunjungi juga nih, buat sobat-sobat BLOGGER di blog sederhanaku!

    http://khae7.blogspot.com

    ada : PENGETAHUAN, DESAIN, RENUNGAN, KALIMAT BERGAMBAR, CERITA LUCU DLL.

    Terima Kasih Sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan undangannya.
      Segera ke TKP

      Hapus
  39. mas, maksudnya link posting atau label (katagori) yang ada pada blog itu apa ya, ngeliatnya dimana soalnya kan (mungkin) di blog saya belum ada link untuk kategori yang lain selain beranda, mungkin bisa dilihat dulu blog saya
    http://cabegen.blogspot.com
    mohon dibantu ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini penjelasannya ya ya :
      - Link posting yg saya maksud adalah setiap postingan yg disudah dipublikasikan pasti ada link postingnya seperti :http://pandawalimamedan.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-sub-menu-pada-menu-utama.html
      - Link Label (katagori) seperti ini contohnya : http://pandawalimamedan.blogspot.com/search/label/Trik%20dan%20Tips%20Blog.

      Dan setelah saya lihat di blog sohib, ternyata belum ada halaman tambahan. Kalau di Pandawa Lima, halaman itu juga yg jadi label.
      Semoga penjelasan saya ini bisa bermanfaat ya..

      Hapus
  40. terimakasih, sob. sudah saya coba n langsung bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermafaat ya..
      Btw, terima kasih juga atas kunjungannya..

      Hapus
  41. ijin copas numpang belajar mas bro..:)

    BalasHapus
  42. salam kenal,
    sangat bermanfaat sekali....
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dimanfaatkan...
      Btw, terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  43. sangat bermanfaat mas infonya, tapi cara nggesernya gmn ya mas?...punya saya menunya kok terlalu ke kanan ya.,mohon penjelsannya

    coba mas lihat di blog saya "threesheet.blogspot.com"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah saya cek, sepertinya bagus kok. Malah menurut saya keren lho.
      Kalo mau geser, itu terletak pada pengaturan templatenya. Kalau pada submenunya, coba atur dari #secnav li ul { position: absolute; left: -999em; width: 200px; top:35px}
      Semoga berhasil ya..

      Hapus
  44. Bagus mas info nya .

    mau tanya mas cara ngebuat postingan kita ada di menu navigasi bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat..
      Mengenai menu navigasi, sebenarnya hampir sama dengan postingan saya ini. Tergantung, apakah dalam bentuk horizontal, atau vertikal atau gabungan keduanya.
      Btw, sohib tinggal mencari tutorialnya saja di mesin pencari seperti google atau bing..
      Semoga bisa mencerahkan...

      Hapus
  45. terima kasih,mohon sarannya http://mochrizkypratamaputra.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, silahkan dilihat di postingan sohib.
      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  46. Terimakasih banyak bang,, sudah sekitar 3 jam saya mencari info seperti ini, namun kali ini baru ketemu.
    setelah saya coba alhamdulillah berhasil.
    satu hal lagi yang belum saya faham dan sangat minta tolong untuk di ajari, yaitu bagaimana cara memasukkan posting kita kedalam sub menu tertentu,
    mohon dijawab. insya allah ditunggu :-D

    blog yang saya buat "http://fikirankita1001.blogspot.com/"
    mohon di kasih pelajaran yang lain juga ya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah berkunjung ke Blog Sohib..
      Ini penjelasannya :
      1. Untuk mengisi tulisan, silahkan posting saja sebuah artikel yg sohib inginkan. Syaratnya : buat label postingan artikel/postingan sohib. Misalnya : komputer.
      2. Kemudian copy link postingan tersebut, contoh : http://pandawalimamedan.blogspot.com/search/label/Komputer.
      3. Setelah linknya dicopy, masuk ke edit HTML dan ganti tanda # dengan postingan tersebut.
      4. Lalu ganti judul submenu dengan judul postingan sohib.

      Btw, baca lagi dengan seksama instruksi yg ada dipostingan saya ini ya.
      Sekalian, buka dong kolom komentarnya biar saya bisa memberikan saran...

      Semoga sukses ya...

      Hapus
  47. mohon izin copas script nya ya bang...kebetulan saya perlu banget. udah nyari sono sini, yang paling simple yang punya abang...trim's ya ilmu nya. Semoga dibalas sama Tuhan Yang Maha Esa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan. Postingan ini juga dimaksudkan agar saya bisa membagi pengalaman & pengetahuan buat kemajuan anak bangsa Indonesia. Btw, Semoga bermanfaat ya sohib

      Hapus
  48. terimakasih infonya sob..
    ijin copy edit scripnya, udah saya adaptasi di blog dan syukur sesuai dengan yang saya inginkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau begitu.. Btw, semoga bermanfaat ya...

      Hapus
  49. makasih infonya...
    saya pemula...
    sangat membantu...
    one more..
    arigatou gozaimasita....

    BalasHapus
  50. tahnks gannnnn..... aku udah nyari kemana-mana tapi cuma ini yang cocok.
    maju terus gannnn !!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermafaat ya sohib...
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya....

      Hapus
  51. Mantap....!

    kunjungi saya di
    http://khaeseven.blogspot.com/

    dulu namanya http://khae7.blogspot.com/

    Salam sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga bermanfaat ya sohib..
      Btw, segera ke TKP

      Hapus
  52. setelah saya otak-atik ternyata udah bisa ganti warna juga. sumpah.... saya sangat terimakasihma blog ini, karena udah nyari sana sini tapi gak ada yang cocok.
    nanti ijin Share ya gan tutorialnya?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, silahkan sohib. Btw, jangan lupa disharekan juga link sumbernya ya...

      Hapus
  53. aduch pusing sya kenpa gag jadi"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusing kenapa Non. Bisa disahre-kan blognya. Ntar saya lihat2 dimana kesalahnnya. Btw, ini biasanya :
      1. ada script yang gak lengkap.
      2. Templatenya ada masalah. Kalau asli bawaan blogspot biasanya sih aman2 saja.

      Hapus
  54. SAYA pengen tau mas cara membuat tulisan berjalan yang seperti di atas
    dari : http://lensapelancong.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca postingan saya di menu Tips dan Trik dengan Judulnya cara Buat Tulisan Berjalan see http://pandawalimamedan.blogspot.com/2012/09/cara-buat-tulisan-berjalan-di-blog.html
      Semoga sukses ya...

      Hapus
  55. Izin Kopas ya. . .
    By: http://aloisius-ngeblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The element type "li" must be terminated by the matching end-tag .

    maksud kata di atas apa ya om..??

    haniefrohul.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada kode script yg kurang. Coba perika lagi kode <, > atau / yang biasanya sewktu dicopas tidak terikut.
      Semoga sukses ya..

      Hapus
  58. Makasih sobat atas atikel mengenai sub menu, yang selalu saya cari selama ini.semuanya saya dapat di sini dan mudah memahaminya dan mengeditnya ke dalam blog saya, dan ternyata berhasil sobat....makasi ya

    Note : kalau cara mengubah warnanya biar sesuai dengan templete blog saya gemana ya ( abu-abu - putih ) khan biar sesuai dan serasi, Mohon Pencerahannya ya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya.
      Btw, untuk pertanyaannya, ini jawabannya ya :
      - Untuk tampilan rubah saja kode (background:#156994)
      - Untuk bayangan/shadownya, rubah saja kode shadownya.(text-shadow: #033148)
      -Untuk merubah font, rubah saja fontnya (font-family:Georgia, "Times New Roman", Times, serif...

      Hapus
    2. makasih atas sarannya,btw saya biarkan saja menu dan sub menunya warna biru....
      salam sukses dan selalu buat pstingan yang bermanfaat.

      Hapus
  59. keren gan udah di coba mak nyusssss

    izin kopas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, silahkan saja..
      Semoga bermanfaat ya ...

      Hapus
  60. MAS ADMIN TOLONG DONG SOLUSI SUB MENU BLOG SAYA darusy-syafiiyah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jawab via email ya sohib.. Semoga bisa membantu..

      Hapus
    2. terimakasih jazakallah wabarokallahu fiik smoga jadi amal

      Hapus
  61. Mas, abis cobain ini tp ko' navigasi ku kelebihan.. ga pas gitu.. bantuin dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah saya sowan keblog non Kikiy, ternyata gak ada tuh mau yg dibicarakan/dikomentari.
      Apa gak jadi dipasang scriptnya?

      Hapus
  62. Wah . . . semakin seru saja pembahasan cara membuat sub menu ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, semoga makin rame nih datok. Btw, permsalahan yg tadi saya sampikan ternyata bisa dikembalikan bila kita keluar adri postingannya.
      Btw, terima kasih atas petuahnya ya Datok

      Hapus
  63. Setelah capek cari2 di google ngak ada yg cocok, pas baca artikel ini baru saya coba langsung bisa..
    thanks Anak Mas atas info nya..
    izin copy ke blog saya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sohib. Semoga bermanfaat ya..
      Btw, terima kasih juga sudah jalan2 disini...

      Hapus
  64. Balasan
    1. Monggo Mas, semoga bermanfaat ya..
      Btw, terima kasih juga atas supportnya......

      Hapus
  65. Thanks info & ilmunya......
    come to my blog http://undersky12.blogspot.com

    BalasHapus
  66. terima kasih ilmunya pak
    saya disuruh buat blog sama sekolah saya jadi info ini sangat amat berguna sekali
    saya sudah berhasil buat sub menu tapi untuk ngisinya yg masih bingung

    sudah baca yg jawaban buat Nurul Janah tapi tetep masih bingung di langkah ke2 yg copy link.
    mau bertapa dulu biar nyambung ma langkah - langkah ngisinya

    Sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, masih kurang tuh bertapanya. Dan, Coba dirapal lagi tuntunan dari Pandawa Lima...
      Semoga sukses ya....

      Hapus
  67. terima kasi banyak atas tutorialnya
    sngat bermanfaat buat saya

    update trus tutorial blog
    buat pemula seprti saya

    BalasHapus
  68. terimakasih ya om atas infonya

    izin copas ya om

    BalasHapus
  69. thanks gan jika punya anak atau adik atau tetangga yang duduk di kelas 6 ikuti ujian nasional secara online di vaywinar.blogspot.com tiap soal diacak nomenya n awabanya cocok untuk latihan UN SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, terima kasih atas kunungan dan iklannya

      Hapus
  70. Thanks ya pak,,
    sangat membantu sekali
    terus ditingkatkan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, btw, terima kasih juga atas supportnya ya

      Hapus
  71. thanks mas :) nanti aku praktekin deh

    BalasHapus
  72. A word of appreciation for you. The art of doing of writing things is excellent. Keep posting articles like this....airport pickup w2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visiting. Hopefully what is sought and obtained on this blog can be useful.

      Hapus
  73. gan..saya sdh coba. tp ketika sy klik kategori yg saya maksud, postingan sy tdk keluar, 'laman yg anda cari di blog ini tdk ada'..tlg di cek titiykla.blogspot.com
    mohon bantuannya yaaa, trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat email Mbak Titiy. saya sudah berikan arahannya disana..

      Hapus
  74. Info yang baguz sekali untuk disimak.....
    Bermanfaat sekali untuk saya....

    Mohon kunjungan baliknya yaa....
    Dan saya juga sangat berterima kasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

    ( www.zamrudnews.com )

    BalasHapus
  75. Berhasil Pasang Di blog mass

    hatur nuwun

    http://www.nandang-techno.blogspot.com

    BalasHapus
  76. I like this article very much because it is technical and very much useful for me to gather more knowledge. Good to read...Pakistani Shadi | minicab in w2

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke guy, Thank you for visiting. Hopefully what is sought and obtained on this blog can be useful.
      btw, immediately to the scene (ur blog)

      Hapus
  77. Makasih bang. Tulisannya Sangat bermanfaat. Mau cb dulu step by step

    BalasHapus
  78. Salam kenal sob, tulisannya bagus. SAya ijin mempraktekkannya ya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, silahkan sohib... Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peringatan ya sohib.... Lain kali kalau mau titip link jangan seperti ini, cukup berikan alamat linknya saja...

      Hapus
  80. gan jadi setia kita mau menaru pos'an kita haru membuat sub menu baru dan menaru html posan kita seperti yg pertama..?

    tolong penjelasanya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sohib Fuadrizky. U menjawab pertanyaan sohib, silahkan lihat dulu submenu yg saya buat di blog Pandawa Lima ini.
      Btw, untuk memasukkan suatu postingan menurut labelnya, ya harus ikut langkah2 yg sudah saya sebutkan dipostingan diatas.

      Hapus
  81. gan tapi kenapa ga bisa di klik ane udah ngikuti totorialnya dengan benar

    BalasHapus
  82. tx gan udah bisa qo sekarang udah ngerti :)
    izin kopas ga :)
    mampir-mampir yah sohib http://trickcomputer95.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup... selamat ya.
      Btw semoga bermanfaat dan segera ke TKP..

      Hapus
  83. boleh ni gan, izin copas gan tanks....

    BalasHapus
  84. bermanfaat banget nih gan...
    soalnya baru beberapa hari ni belajar bikin blog...Newbie banget gitu loh,
    makanya blog ane masih kosong blong and acak2an
    tapi berkat ilmu dari agan bisa ada kemajuan.
    makasih berat gan dan ane praktekin pelan2
    sorry gan copasnya dah duluan... hehehehe....

    BalasHapus
  85. Wah...luar biasa nih gan, kebetulan saya baru belajar bikin blog penting banget nih ilmunya izin copas gan makasih banyak.

    BalasHapus
  86. thanks buanyak mas... sangat membantu nb...

    BalasHapus
  87. Bisa dijelasin gaa maksud kode kodenya ??
    nggak ngerti cara ganti backgrund, font, size, dll nyaa :'(
    ditunggu infonya yaa
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bisa dong...
      Silahkan perhatikan kembali postingan saya khususnya pada script :
      1. Untuk Ganti background, silakan rubah kode background #159664 ke kode warna yg sohib sukai.
      2. Untuk ganti Font dan size-nya, silahkan sohib rubah kode Font yg tertera di script dengan yg sohib inginkan.

      Semoga membantu ya...

      Hapus
  88. gan kalo cara mbuat sub menu nya blog statis gmana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum faham yg dimaksud sohib blog statis, setahu saya halaman statis.
      Bisa diberikan contoh link blognya agar bisa saya pelajari,...

      Hapus
  89. terimakasih informasinya saya akan coba praktekan

    BalasHapus
  90. gan kalau tampilan template yang baru bagaimana caranya gan mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silahkan dicoba dulu sohib.
      Nanti bisa tau hasilnya...

      Hapus
  91. Terimakasih sob buat tutorialnya, waktu lalu menu di blog saya udah ada submenunya, tapi beberapa hari yang lalu mungkin ada script yang kehapus tau gimana saya nggak tahu tiba2 submenunya nggak nongol, sempet bingung juga sih tapi nggak tahu cara betulinnya, mudah2an tutorialnya sobat bisa membantu masalah saya... makasih sob :)

    BalasHapus
  92. Terima Kasih share ilmunya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"