SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Senin, 03 September 2012

Cara Sederhana Membuat Tulisan Dalam Kotak

Kali ini saya akan mem-share-kan pengalaman saya tentang cara sederhana membuat tulisan dalam kotak di blogspot.com. Kalau kita telusuri di internet tentang cara membuat tulisan dalam kotak di mesin pencari seperti google.com, maka akan banyak sekali bermunculan judul tersebut. Namun kali ini saya coba merangkumnya sedemikian rupa sehingga pengalaman saya ini bisa bermanfaat buat para blogger terutama para pemula seperti saya.
Berikut ini caranya :



CARA 1
Cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan karena sangat ringkas. Dan kalau ada kesalahan pada HTML-nya, maka akan sangat mudah untuk meng-edit-nya.
Copas kode scrift berikut ke dalam postingan sohib di HTML bukan di compose. Kodenya adalah :

<textarea cols="50" rows="5">TULISAN DALAM KOTAK</textarea>
 Keterangan :

  • Angka 50 warna biru menunjukan lebar kekanan kotak
  • Angka 5 warna merah menunjukkan panjang kebawah kotak.
Maka jadinya sebagai berikut :

Nah ini sangat bermanfaat sekali bila kita ingin :

  • meringkaskan tulisan yang kita kutip dari sumber lain
  • mempromosikan link banner dan autobacklink blog sohib seperti punya saya ini :  PANDAWA LIMA dan ini dalam bentuk scriftnya : 


CARA 2
Copas kode scrift berikut kedalam postingan di HTML bukan di Compose :

<p style="border: 1px solid rgb(204, 204, 204); padding: 15px; display: block; background-color: #cfe2f3; text-align: center;">BLOG PANDAWA LIMA</p>

Maka jadinya sebagai berikut :

BLOG PANDAWA LIMA
Keterangan :

  • Warna biru pada tulisan   #cfe2f3  adalah warna background.
  • Warna merah pada tulisan  15px  adalah lebar kebawah kotak.
  • Pada kode scrift ini, lebar kotak adalah otomatis.
CARA 3
Copas kode scrift berikut kedalam postingan di HTML bukan di Compose :

<p style="border: 1px solid rgb(204, 204, 204); padding: 15px; display: block; width:300px; height:70px; background-color: #cfe2f3; text-align: center;">
BLOG PANDAWA LIMA</p>

Maka jadinya sebagai berikut :
BLOG PANDAWA LIMA
Keterangan :
Ini adalah pengembangan dari cara 2. Dengan kode scrift diatas, lebar kotak akan sangat mudah untuk disesuaikan.
Dan masih banyak lagi cara-cara lainnya yang bisa sohib dapatkan seperti cara membuat tulisan dalam kotak transparan yang insyaallah akan saya share-kan dipostingan berikutnya.

Semoga bermanfaat ya....

Sumber :
http://agungpatiwidagdo.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-kotak-teks-text-area-dalam_11.html
http://elang-antarnusa.blogspot.com/2010/06/cara-membuat-teks-dalam-kotak-teks-area.html

8 komentar:

  1. Trima kasih min, izin co-pas ya

    BalasHapus
  2. meski saya udah 3 thn ngeblog,tapi untuk membuat perihal diatas masih harus cari digoogle.soalnya puyeng banget lihat kode html.
    thanks gan atas tutornya.

    BalasHapus
  3. Mantap Gan..
    Kunjungi blog saya ya mhf46.blogspot.com

    BalasHapus
  4. sip gan simple semua enak cara pake nya

    BalasHapus
  5. trims gan sudah dicoba sukses http://rentalmobilketapang.blogspot.com/ saya masukin disitu kotak teks nya saya pemula soalnya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"