SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Rabu, 02 Januari 2013

Rahasia Ilmiah dan Manfaat Puasa Senin-Kamis

Rahasia Ilmiah & Manfaat Puasa Senin-kamis

Kali ini saya men-share-kan tentang Rahasia Ilmiah dan Manfaat Puasa Senin-Kamis yang saya dapatkan dari seorang teman di dalam group milist. Semoag informasi ini bisa bermanfaat untuk semua orang terutama sohib Pandawa Lima.

Mungkin jika sohib banyak menemukan postingan ini dibanyak tempat dengan search engine seperti google.com. Namun hal ini tidak menyurutkan saya untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan terutama tentang Rahasia Ilmiah dan Hikmah Puasa Senin-Kamis ini.

Berpuasa, sudah lama diketahui sangat baik untuk kesehatan. Apalagi sekarang manfaat berpuasa untuk kesehatan makin terbukti secara ilmiah. Bahkan para peneliti menyarankan bahwa sebaiknya mulai kembali berpuasa karena terbukti puasa dua hari dalam satu pekan sangat bermanfaat untuk kesehatan hormon dan perubahan metabolisme. Puasa yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan hanya sekitar 500-800 kalori. Bandingkan dengan asupan harian sekitar 2.000 kalori untuk perempuan dan 2.500 kalori untuk pria.

Asupan itu bisa menurunkan tingkat pertumbuhan hormon yang terkait dengan kanker dan diabetes. serta mengurangi kolesterol buruk LDL dan lemak dalam darah. Sedangkan radikal bebas juga menurun. Dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa tingkat peradangan dapat berkurang. Bahkan, disebutkan pula berpuasa dapat melindungi otak. Maka, risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson pun bisa dikurangi.

“Menurunkan secara drastis asupan makanan memicu proses protektif di otak. Ini sama dengan mendapatkan efek tambahan ketika olahraga,” ujar Profesor Mark Mattson, kepala bagian saraf di US National Institute on Ageing.

Kesimpulan itu diperoleh dari hasil penelitian terhadap sekelompok perempuan yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan yang menjalani diet 1.500 kalori sedangkan kelompok lain hanya 500 kalori selama dua hari. Kedua kelompok sama-sama mengalami penurunan berat badan. Namun, kelompok yang berpuasa (asupan 500 kalori) ternyata mengalami kemajuan yang lebih pesat. Menurut peneliti, mereka mengalami peningkatan sensitivitas insulin. Ini berarti mereka punya kendali tingkat gula darah yang lebih baik.

Seorang dokter ahli asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev menganggap puasa sebagai penemuan terbesar dalam bidang kesehatan. Puasa mampu membuat seseorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual. Bahkan, sebuah lembaga di Amerika Serikat menyebutkan puasa sebagai cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami.
Berikut merupakan daftar beberapa manfaat puasa Senin Kamis.

  1. Peremajaan sel kulit
  2. Mengencangkan kulit
  3. Detoksifikasi racun dalam tubuh
  4. Memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan
  5. Menurunkan tekanan darah
  6. Menurunkan kadar lemak (kolesterol)
  7. Menghambat proses penuaan (awet muda)
  8. Memperindah dan mempercantik kaum wanita secara alami
  9. Menenangkan jiwa dan perasaan
  10. Mampu mengendalikan nafsu seks dengan lebih baik
  11. Memacu jiwa empati terhadap sesama
  12. Menimbulkan rasa solidaritas terhadap kaum miskin

Puasa merupakan hal yang lazim dilakukan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bisa dilihat dari catatan sejarah yang ada. Sebagian manusia pada zaman dahulu mempraktikkan puasa sebagai ritual yang dipercaya untuk memberikan kesehatan bahkan keabadian. Di antaranya orang-orang Mesir Kuno yang meyakini bahwa kelebihan makanan akan menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, mereka menganggap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu dikurangi.

Di samping itu, Aflaton dan Socrates, filsuf Yunani Kuno, menjalankan puasa sebagai gaya hidup yang baik dan juga sebagai pengobatan. Pythagoras pun juga percaya bahwa puasa dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Begitu pun juga dengan kepercayaan orang-orang Inca di Peru dan suku-suku Amerika lainnya. Mereka percaya bahwa puasa yang mereka lakukan dapat menjadi upaya untuk penebusan dosa.

Selain diamalkan oleh umat Islam, puasa juga diamalkan oleh agama-agama besar di dunia. Yakni yahudi, kristen, dan Budha. Puasa yang mereka lakukan mempunyai tujuan masing-masing serta memiliki tata cara dan waktu pelaksanaannya yang berbeda. Misalnya, umat Islam melakukan puasa wajib sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Yom Kippur, yakni hari raya yahudi yang jatuh pada tanggal 9 Oktober. Sedangkan orang-orang Budha berpuasa pada hari ekadashi, yakni puasa pada hari ke sebelas terhitung setelah bulan purnama.

Telah disebutkan bahwa salah satu manfaat puasa antara lain untuk menjernihkan pikiran. Hal itu dikatakan oleh Pythagoras, seorang filsuf yang tidak asing lagi di telinga kita. Namun, untuk lebih jelasnya, perlu ditinjau dari sudut pandang ilmiah dan dalil-dalil dari ayat Al-Qur’an dan hadis.

Puasa adalah upaya menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan lain sebagainya dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama berpuasa, tentunya tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari pagi hingga saatnya berbuka.

Keadaan ini juga berarti tidak ada asupan glukosa dalam tubuh kita selama berpuasa. Sedangkan glukosa merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh otak manusia. Otak yang memiliki jutaan sel saraf, memproses kognisi yang meliputi berbagai proses mental untuk memperoleh pengetahuan, di antaranya adalah berpikir, mengingat, memutuskan sesuatu dan memecahkan masalah. Dalam memproses semua itu, otak sangat membutuhkan glukosa yang diambil dari asupan makanan. Namun, kerja otak yang sangat membutuhkan glukosa ini tidak akan terpengaruhi pada saat berbuka.

Allah Swt telah menciptakan tubuh manusia dengan penuh kesempurnaan. Di dalam tubuh kita ada sistem pengatur energi yang sanagat canggih. Jadi, apabila terjadi hal-hal yang menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu, tubuh akan mulai bereaksi dengan cepat. Reaksi ini terus terjadi untuk mengembalikan keseimbangan tubuh seperti semula. Oleh karena itu, jika tubuh merasakan kekurangan glukosa, maka tubuh akan segera bereaksi untuk menghasilkan glukosa dari sumber lainnya.

Dalam keadaan tidak ada pembakaran dalam tubuh dan mulai merasa kekurangan energi, mendorong otak untuk bereaksi. Menurut Dr. Bahar Azwar, rangsangan otak memaksa kelenjar pankreas mengeluarkan glukagon. Ia membakar glikogen yang tersimpan di hati menjadi glukosa. Namun, bila glukosa yang dihasilkan belum tercukupi, dimulailah pembakaran lemak di dalam tubuh. Dari proses tersebut banyak manfaat dan dampak positif yang akan dirasakan tubuh. Kesediaan glukosa dalam otak pun menjadi seimbang. Jadi, otak pun akan tetap berjalan normal sekalipun tubuh kekurangan makanan.

Lebih lanjut, Dr. Bahr Azwar menegaskan bahwa pada saat tidak ada asupan makanan ke dalam tubuh, usus akan beristirahat. Saat usus beristirahat, sari makanan akan berkurang. Jadi beban darah yang membawanya akan berkurang. Itu sebabnya, darah yang ada dalam otak, tidak perlu lagi dikerahkan untuk membawa sari makanan dari dalam usus. Ketika itulah pikiran akan merasa tenang dan segar.

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya adalah memberikan ketenangan jiwa. Menurut Imam Barakat Abdullah ba’lawiy Al-hadad, puasa memiliki ruh (jiwa) dan bentuk. Bentuk dari puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan bersetubuh mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari yang disertai dengan niat. Sedangkan ruh dari puasa adalah menahan diri dari melakukan perbuatan dosa dan perbuatan haram, serta mengerjakan amalan fardhu dan sunnah.

Dengan demikian, orang yang berpuasa tidak hanya menjalani bentuk puasa, tetapi harus memiliki ruh dari puasa yang dilakukannya. Karenanya, puasa yang dilakukannya akan diterima oleh Allah Swt dan menjadikannya termasuk orang-orang yang memiliki jiwa yang suci. Sebab, orang-orang seperti itulah yang dapat mengontrol jiwa dan perilakunya.

Dengan kemampuan ini, secara otomatis orang yang terbiasa berpuasa akan mampu mengendalikan diri dan jiwanya. Ia akan merasakan kedamaian dan ketenangan hidup di dunia.

Semoga bermanfaat...

Kiriman dari teman fatless73@yahoo.com
Dari berbagai sumber

58 komentar:

  1. Subhanallah...
    Begitu besar manfaat puasa Senin-Kamis walaupun Sunnah Hukumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..saya masih sering malaksanakannya walau tidak rutin...
      Terima kasih juga atas supportnya ya sohib...

      Hapus
    2. Rahasia Ilmiah Dan Manfaat Puasa Senin-Kamis >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Rahasia Ilmiah Dan Manfaat Puasa Senin-Kamis >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Rahasia Ilmiah Dan Manfaat Puasa Senin-Kamis >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK fJ

      Hapus
  2. Ternyata ALLAH SWT tidak sia-sia dalam menyuruh hambaNya ya bang..subhanallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, bang Icah... Semoga bisa mempertebal keyakinan kita akan Islam secara Kaaffah ya bang.
      Btw, makasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  3. .: TQ 4 ur share, bener sob berlomba2lah berbuat kebaikan...^_^

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak banget manfaat puasa, makasih sob infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  5. Wah jadi semangat ni mau puasa . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Smg bermanfaat ya sohib...
      Btw, makasih juga atas supportnya ya ..

      Hapus
  6. yg jelas lebih sering puasa sunnah akan biasa menahan hawa nafsu yang menjadikan musuh terbesar dlm diri manusia. bagus mas postingannya. i like

    BalasHapus
  7. sungguh banyak manfaat baik buat kesehatan lahir dan bathin ya mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.... Btw, makasih juga atas supportnya ya sohib.....

      Hapus
    2. Subhanallah...
      Begitu besar manfaat puasa Senin-Kamis walaupun Sunnah Hukumnya

      Hapus
    3. Subhanallah...
      Begitu besar manfaat puasa Senin-Kamis walaupun Sunnah Hukumnya

      Hapus
  8. Waah bner soB, gak diragukan lagi manfaat puasa senin kamis. Bahkan saya pnya kenalan, orangnya hampir tiap hari berpuasa, dan itu tidak membuatnya lemah atau mudah terserang penyakit, justru malah terlihat awet muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah...
      Semoga bisa bermanfaat juga untuk semua orang ya Sohib...
      tw, terima kasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  9. terima kasih infonya,msh newbie nih gak bisa komentar banyak2. jd grogi nih heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup , selamat bergabung di dunia blogger dan makasih juga supportnya ya sohib...

      Hapus
  10. subhanALLOH mudah-mudahan semua yang kita perbuat tetaplah pahala bagi-NYA...!makasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... terima kasih juga atas supportnya ya sohib...

      Hapus
  11. Ternyata puasa senin kamis ini banyak sekali manfaatnya sobat, saya baru tahu nih
    terima ksih sudah berbagi yah..semoga tetap sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alahmadulillah semoga bermanfaat ya Om...
      Btw, terima kasih ya sudah mampir...

      Hapus
    2. Semoga postingan ini juga merupakan sebagai amalan jariyah yg sangat bermanfaat bagi orang banyak, sebab ilmu ini akan berkembang dan Insya Allah akan diamalkan bagi muslim..
      terima kasih sobat

      Hapus
    3. Amiin ya rabbal 'alamiin..
      Makasih atas do'anya ya Om

      Hapus
    4. Sama sama, terima kasih kembali

      Hapus
  12. .: Kita tau begitu banyak manfaat berpuasa, tetapi sulit untuk melaksanakannya. TQ 4 ur share...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah bisa terbiasa ya sohib. Apalagi dilaksanakan dgn ikhlas bukan krn terpaksa.

      Hapus
  13. manis sekali bila puasa di lakukan...sudah merupakan satu kebutihan ya sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sanagt Setuju mas..
      Btw, terima kasih juga atas supportnya ya...

      Hapus
  14. begitu besar manfaat puasa , semoga mendapatkan manfaat nya, sukses selalu buat maas, oh ya kok sering di alihkan ke bisnis online ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. semoga benar2 bermanfaat untuk semua sohib..
      Btw, mengenai sering dialihkan itu krn saya sedang coba benar gak bisnisnya itu dan ini pakai script yg sewaktu kursor diarahkan ke iklannya, maka akan otomatis terbuka. seperti pada blog sampean juga kan.?
      Hal ini sebagai uji coba seberapa bagus/baik dan efeknya terahdap kunjungan para sohib..
      Mohon dukungannya ya...

      Hapus
  15. ternyata puasa memiliki banyak mamfaat juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga benar-bisa bermanfaat untuk sohib ya..
      Btw, makasih atas supportnya.

      Hapus
  16. Mampir lagi disini sahabat
    http://penyuluhp.blogspot.com/

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah..

    Try Out Online Ayo gabung dan berpatisipasi di Kompetisi Cerdas Cermat Online se-Jawa Timur seri yang ke-2. Gratis!!
    Hadiah menarik dan jutaan rupiah ada juga Tablet PC, buruan ikut !

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah... saya sudah mulai rutih menjalankan puasa Senin-Kamis setiap minggu.

    Selain alasan kesehatan dan untuk berhemat, saya terdorong untuk mulai berpuasa juga karena lingkungan saya di tempat kerja beberapa dari mereka juga banyak yang menjalankan puasa Senin-Kamis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah.. semoga bisa selamanya ya sohib...

      Hapus
  19. Subhanalloh,,,,, g bisa ngomong lagi,, moga postingan anda di catat sebagai amal jariyah, Amin
    yok,,, fastabiqul khairot...
    sukses selalu sob,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabbal 'alamin dan semoga bermanfaat buat mbak Nur Salamah

      Hapus
  20. mas kenapa masih ada yg berpikiran bila salah niat dalam puasa senen kemis bisa gila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah... mungkin karena gak tercapai harapannya, orangnya itu jadi stress dan akhirnya rusaklah saraf otaknya dan akhirnya jadi gak waras deh...

      Dan info tersebut gak usah dipercaya aja lho non sohib, gak bener itu dan gak ada dalilnya dalam Alqur-an dan Hadits

      Makanya, kalau puasa itu (wajib maupun sunnah) ya karena Allah SWT semata saja. Bukan karena anu atau si anu..
      Semoga berkenan ya sohib...

      Hapus
  21. betul banget tuh, Allah memerintahkan pasti ada maksud dan tujuannya serta manfaatnya. ^_^

    BalasHapus
  22. Bukti kebenaran alqur'an sebagai kitab yang berasal dari Tuhan yang sesungguhnya

    BalasHapus
  23. kok isinya sama dengan AnneAhira.com, alangkah lebih baiknya jika memang copas diberikan kutipan...:)

    agar tidak membunuh kreatifitas dan keaslian pikiran orang lain

    BalasHapus
  24. subhanallah sungguh besar. indah dan bermanfaat ya hikmah puasa senin kamis itu..dan katanya insya allah jika kita sering berpuasa snin kamis maka keinginan kita akan dikbulkn aminnn

    insya allh bermnfaat http://tanjungherbal.com/ace-maxs/

    BalasHapus
  25. apakah bulam sebelum ramdhan ini kita bisa melaksanakan puasa senin kamis?

    BalasHapus
  26. ilmu banget nich gan,,,, thanks yaaa infonya

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah..apa yg ada dlm ISLAM gk ada negatifnya...

    BalasHapus
  28. subhanalloh ternyata begitu banyak manfaat jika kita puasa di senin kamis, selain berpahala juga baik untuk kesehatan ;)

    klik disini http://mobildatsunbandung.com/

    BalasHapus
  29. alhamdulillah, artikel yg sangat bermanfaat, saya banyk mendapat pelajaran dn masukan dari membaca artikel ini, salam kenal..http://situsrpp.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  30. terimakasih untuk siraman rohaninya ustadz..
    terimakasih ;)

    insya alloh bermanfaat http://obatdiabetesalamijg.com/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"