SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Selasa, 11 September 2012

23 Manfaat Buah Pisang


Pisang Barangan/Medan
Berikut ini saya akan men-share-kan manfaat buah pisang bagi kesehatan yang sangat banyak sekali. Dibalik rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau, ternyata pisang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Dan semua orang mengenal buah yang satu ini, namun kebanyakan tidak mengetahui manfaat buah pisang buat kesehatan kita.
Pisang ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung tiga gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta mengandung juga serat untuk energi. Namun selain itu masih banyak lagi kandungan dalam buah pisang ini. Salah satunya yaitu kandungan vitamin, pisang ternyata mengandung vitamin A, B1, C, serta protein. Pisang juga mengandung banyak sekali gizi, berikut ini beberapa gizi yang terkandung didalam buah pisang ini :

  1. Lemak 0,2 gram
  2. Protein 1,2 gram
  3. Karbohidrat 25,8 gram
  4. Serat 0,7 gram
  5. Fosfor 2,8 gram
  6. 99 kalori
  7. Kalsium 8 mg
  8. Besi 0.5 mg
  9. Vitamin B 0.08 mg
  10. Vitamin A 44 RE
  11. Vitamin C 3 mg
  12. Air 72 gram

Itu hanyalah beberapa dari sekian banyaknya gizi yang terkandung dalam buah pisang. Bicara soal manfaat buah pisang, pisang mempunyai banyak sekali manfaat.  Namun masih banyak manfaat pisang yang mungkin belum diketahui masyarakat luas. Nah berikut ini beberapa manfaat buah pisang yang mungkin perlu untuk diketahui :
  1. Menjaga Kesehatan Mata. Salah satu manfaat yang mungkin sangat dikenal masyarakat umum yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Karena pisang mengandung juga vitamin A. Dengan mengkonsuimsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.
  2. Kesehatan Saluran Pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pada buah pisang mampu mencegah sembelit. Berdasarkan hasil penelitian, rutin makan pisang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker lambung.
  3. Melancarkan peredaran darah. Pisang punya banyak kandungan kalium dan potasium. Zat ini fungsinya adalah membantu sistem sirkulasi tubuh, hingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga membantu denyut jantung menjadi teratur.Selain itu, pisang juga mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.
  4. Baik Untuk Ginjal. Adanya kandungan potasium yang terdapat pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi kesehatan ginjal. Disaat tubuh mendapatkan cukup asupan potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Kondisi ini akan membuat ginjal berfungsi secara optimal dan juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. 
  5. Kesehatan Tulang. Fructooligosaccharide adalah salah satu prebiotik baik yang dimiliki oleh buah pisang yang memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi secara lebih mudah dan maksimal. Dengan terserapnya kalsium secara maksimal, akan membuat tulang Anda menjadi sehat dan kuat. Bahkan mampu mencegah osteoporosis. 
  6. Menurunkan Tekanan Darah. Manfaat buah pisang berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dari buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke. Itulah alasan mengapa para dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang. 
  7. Penambah EnergiSaat memakan pisang kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat. Karbohidrat inilah yang dapat menampah energi bagi tubuh kita.
  8. Memengaruhi Mood.Percaya atau tidak pisang memiliki pengaruh dalam meningkatkan mood Anda. Kandungan neurotransmiter pada buah ini dapat membantu Anda merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami. Selain buahnya pohon pisang juga memiliki manfaat lain, baca artikel manfaat jantung pisang. Itulah ketujuh manfaat buah pisang yang bisa Anda peroleh bila mengkonsumsinya secara rutin.manfaat. 
  9. Menyehatkan usus. Manfaat pisang yang lain adalah menyehatkan usus dengan menghilangkan sembelit. Pisang punya kandungan serat yang mampu mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus. Jadi, dari pada menggunakan obat pencahar, lebih baik mengkonsumsi pisang.
  10. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut. Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair)dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. 
  11. Manfaat bagi Penderita Lever. Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat. 
  12. Meningkatkan kesehatan otak. Pada sebuah penelitian dengan responden 200 orang siswa, pengaruh konsumsi pisang terhadap tingkat konsentrasi dikorelasikan. Hasilnya, pelajar yang memakan pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut terlihat mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap.
  13. Manfaat Pisang sebagai Sumber Tenaga. Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. 
  14. Mengurangi derita sakit bulanan pada wanita. Bagi Anda yang kerap mengalami sakit perut saat sedang menstruasi, maka mengkonsumsi pisang bisa meringankan derita Anda. Kandungan vitamin B6 dalam pisang cukup tinggi hingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit bulanan berkurang. 
  15. Manfaat bagi Penderita Anemia. Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
  16. Mengobati bekas gigitan nyamuk. Jika di kulit Anda terdapat bentol bekas gigitan nyamuk, maka Anda bisa oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentol kulit tersebut. Ia akan mengurangi gatal dan merahnya. 
  17. Manfaat pisang untuk Ibu Hamil. Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
  18. Manfaat Pisang untuk Kecantikan. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
  19. Dapat Menurunkan Berat Badan. Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.
  20. Manfaat bagi Diabetes. Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan/pokok bagi orang yang menderita penyakit gula/diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.
  21. Mengurangi rasa sakit saat Mentruasi. Bagi para cewek-cewek, saat mengalami menstruasi, konsumsilah pisang agak banyak karena dapat mengurangi rasa sakit dan menambah mood. Buah yang lain juga bermanfaat bagi kesehatan, yaitu manfaat jeruk nipis.
  22. Meningkatkan konsentrasi. Pisang dapat meningkatkan konsentrasi. Karena buah ini mengandung kalsium yang tinggi dan dapat meningkatkan kosentrasi.
  23. Membantu untuk berhenti merokok. Bisa membantu untuk berhenti merokok. Karena pisang mengandung vitamin A, C, B6, dan B12, juga kalium dan kalsium. Semua itu bisa membatu tubuh sembuh dari racun nikotin yang terkandung dalam rokok. 
Mungkin hanya itu yang bisa saya ulas tentang rangkuman 23 Manfaat Buah Pisang,
Sumber :

6 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"