SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Jumat, 15 Februari 2013

AWAS! BLOG SOHIB BERVIRUS

Peringatan ada virus berbahaya
Kali ini saya men-sharingkan pengalaman saya tentang mendapatkan peringatan adanya bahaya virus di blog sohib. Pengalaman ini saya dapatkan tatkala mau berkunjung ke blog para sahabat. Yah mungkin ini hanya satu diantara berjuta virus komputer yang pernah ada. Memang sih tidak terlalu menggangu saya. Namun, selaku seorang yang bekerja dengan komputer, maka ini merupakan hal yang patut diperhatikan dengan teliti dan seksama.

Karena dulunya, awal 2005, saya tidak terlalu memusingkan hal ini karena sudah ada tim yang membantu membersihkan virus ini dari komputer yang saya gunakan.Namun harus menunggu daftar tunggu dan melalui proses administrasi yang panjang. Sehingga, naluri saya mengatakan "kamu harus bisa menanganinya sendiri dan menjadi nilai lebih kamu dibandingkan rekan kerja yang lain apalagi dimata manajemen perusahaan". Begitu sih yang ada dalam benak saya. hehehe....

Nah, berdasarkan pengalaman saya tersebut, maka saya mencoba berbagi kepada semua orang dan khususnya untuk sohib Pandawa Lima. Mudah-mudahan hal ini bisa bermanfaat.
Salah satu virus yang sering beredar dikomputer yang sedang online diinternet adalah virus jenis Trojan. Ini sudah 3 kali saya jumpai sewaktu berkunjung ke blog sohib. Yaitu :
  1. Wong Jember
  2. www.Kliklihat.com 
  3. Saya lupa nama blognya hehehe...
Nah, untuk sohib Wong Jember dan blog yang saya lupa namanya sudah melakukan scan virus sehingga sudah bersih dari virus yang menggangu sehingga sudah bisa saya kunjungi alias gak diblock lagi sama antivirus dikomputer yang saya gunakan.
Namun untuk sohib kliklihat.com, masih belum bisa saya kunjungi karena masih ada virus Trojannnya dan diblock sama antivirus dikomputer saya.
Untuk itu, melalui blog Pandawa Lima ini, saya selalu menginformasikannnya dan berharap admin/pemilik blog yang blognya mengandung virus atau malware berbahaya bisa mendapatkan informasi saat berkunjung ke blog Pandawa Lima ini dengat kolom khusus. Dan ini saya letakkan disudut kanan atas blog tepatnya sedikit dibawah buku tamu.
Letak Kolom Peringatan

Jadi saya sarankankepada admin www.kliklihat.com agar segera discan saja blognya sekalian komputeryang sohib gunakan dengan antivirus secara online. Banyak kok yang menyediakan scan virus online.
Kedepannya, saya punya kiat yang selama ini saya gunakan dan sejauh ini berhasil dan menjadi salah satu komputer yang paling bersih dari virus dikantor saya.
Berikut ini kiatnya :
  • Tanamkan anti virus minimal 2 antivirus, satu lokal seperti Smadav atau Artav dan satunya lagi antivirus internasional seperti AVG, AVIRA, Kapersky, dan AVAST. Ini saya sarankan berdsarkan pengalaman saya dan info dari mailist yang saya ikuti.
  • Usahakan update selalu antivirus di komputer/laptop sohib.
Kalau pada komputer yang saya gunakan, Antivirus yang saya gunakan adalah Smadav, Avast dan Kapersky. Alhamdulillah, masih mampu mem-block virus yang mau masuk atau menerobos masuk ke komputer yang saya gunakan. Kesannya agak lambat sih, tapi mantap.....

Mudah-mudahan bisa bermanfaat..

PANDAWA LIMA

59 komentar:

  1. wahhh itu berdua pernah saya kunjungi :D


    blog saya gak kan?!
    blog bervirus cz apa sbabnya?!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini, kedua blog miztia aman-aman saja kok. Tandanya, saya masih bisa komentar dan ngisi buku tamu di blog Miztia..
      Btw, makasih atas supportnya ya...

      Hapus
    2. oh iya, penyebab ada virus pada blog itu biasanya tanpa disadari ada link yang kita pasang atau terpasang dari sumber yang sudah ada virusnya.

      Hapus
    3. Makasih juga atas supportnya ya Miz Tia

      Hapus
  2. waduh, blogku kira2 ada virusnya gak ya sob?
    bahaya itu...
    makasih sarannya sob,

    oya, jika berkenan, ada award spesial utkmu sob, ambil aja ya dipostingan terbaruku, gak pake syarat apapun..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok sohib,
      Btw, terima kasih atas undangannya dan segera ke TKP nih...

      Hapus
  3. Bisa dicontoh nih,krn saya ndak mikir smpe kesana mas. Yg penting bisa ngeblog dan Komputer mau hidup. heuheu. Oh iya mungkin mas pendawa ada benernya,memberi peringatan kpd pemilik blog yg terkena virus,tp mnrt sy sih lbh baik konfirmasi dulu lewat email atau G+ dsb. jika tidak ada respon dlm 1 minggu misalnya, baru diberitakan secara luas lewat posting spt diatas. Karena mnrt sy kasihan banget seolah2 blog itu penuh dengan virus,sy yakin mrk tidak bermaksud menyebarkan virus kepada blog yg lain. Jujur ya mas, bkn mksd sy menggurui, maaffff banget. Jk di suatu saat Blog saya kena virus silahkan tegur saya,lewat komentar blog dan sy sangat berterima kasih krn inilah yg disebut persahabatan, bukankah begitu mas? Mohon koreksi jika ada yg kurang berkenan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow.. makasih banget atas respon dan sarannya ya Mbak Indah.
      Btw, dalam hal ini bukan bukan maksud saya mengumumkan blog tsb peyebar virus atau sarang virus. Dan hal ini sudah masuk dalam perhitungan saya bakal ada yg komentar seperti ini.
      Namun maksud saya disini, akan lebih cepat info tersebut diterima oleh ybs. jadi bisa segera dibersihkan. Seperti pada sohib WONG JEMBER http://santrinyleneh.blogspot.com. Dan ini syukurnya, . beliau berfikiran positif atas info yg saya sampaikan.
      Dan ini juga dimaksudkan agar saya bisa berkunjung ke blog ybs. Kan nanti kalau gak mampir2 lagi kesannya jadi negatif dan akhirnya putus persahabatan. Nah ini yang saya jaga.
      Untuk inilah dituntut berfikir yg positif.
      Dan semoga Mbak Indah dan sohib lainnya bisa mengerti dan maklum.

      Hapus
    2. Tambahan, ini saya pasang juga ada masa waktunya, yaitu seminggu saja.

      Hapus
    3. Oh gitu toh...saya paham,mudah2an yg bersangkutan memaklumi dgn postingan ini. trus masalah tambahan timbul biaya administrasi. :)

      Hapus
    4. Biaya administrasi apaan ya Mbak Indah? Kok saya gak mudeng nih.. hehehe...
      Btw, kalau tentang pasang info tersebut gratis lho... Buat amal jariyah saja...

      Hapus
    5. Wah.. Miz Tia lagi happy banget nih....

      Hapus
  4. waduh, bahaya tuh mas, kira 2 blog ku kena gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, kok Sohib. Yg jelas, warning itu saya pasang hanya ditujukan buat blog para sohib yang gak bisa saya kunjungi karena ada warning dari antivirus pada komputer yg saya gunakan.
      Sekalian jadi perhatian sohib, agar ada sesuatu yang berbeda saat berkunjung ke blog Pandawa Lima ini.. :)

      Hapus
  5. makasih atas infonya sob ... sangat bermanfaat ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, terima kasih juga atas supportnya ya ...

      Hapus
  6. Wah Blog saya banyak virusnya kali yah..hee..

    Kunjungan sore sahabatku, jangan lupa mampir, ada bingkisan Award untuk anda silahkan mampir dan jangan lupa untuk di ambil yah...
    Terima kasih sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya? wah.. Om PP buat penasaran aja...Segera ke TKP nih...

      Hapus
    2. wah ternyata, award lagi ... Makasih ya Om atas kepercayaannya lagi kepada Pandawa Lima untuk menerima award Liebster Award untuk yang kedua kali....
      Btw, saya terharu nih apalagi belum bisa memberikan award ke Om PP.. Mudah-mudahan, dimasa yang akan adtang saya juga bisa berbagi award kepada Om PP dan sohib lainnya... Amin...

      Hapus
  7. Wah untung aja blog saya sepertinya gak kena virus-virus seperti yang dijelaskan sobat di atas. Tapi btw, blog saya kayaknya perlu juga di-scan manual nih (hapus manual), soalnya banyak banget 'virus' (spam) yang bisa menurunkan ranking SEO..hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, bisa saja abang kita yang satu ne...
      Btw, boleh juga tuh dishare virus2 yang buat rangking SEO turun... Buat jaga2 ...

      Hapus
  8. wah bener bang saya sering kali menjumpai blog yang bervirus tp lp namanya,,kebanyakan jenis trojan,
    makasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, makasih ya atas kunjungan dan supportnya...

      Hapus
  9. .: mau bebas virus, pake Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, Bill Gates 7 mah lewat...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.... makasih atas share dan supportnya ya sohib..
      Btw, saya masih cinta dengan Kapersky, Avast dan Avira.. Tapi boleh juga tuh dicoba jadi yang keempat....

      Hapus
  10. malware yah gan! di tunggu kunjungaan baliknya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih... Biasalah...
      Btw, terima kasih atas support dan undangannya, dan segera ke TKP nih...

      Hapus
  11. selamat pagi bang trimakasih infonya sangat membantu,,,o y ada sesuatu di info silahkan di tengok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ada kejutan lagi nih dari sohib Mas Cahyo.
      Terima kasih ya mas cahyo atas award yang telah diberikan....

      Hapus
  12. terimakasih infonya bang,virus memang menjengkelkan.
    sebagai pengguna komputer yg aktif sebaiknya kita memasang beberapa antivirus pada komputer kita.

    maaf saya baru sempat berkunjung disini,
    salam sehat dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, setuju... Btw, terima kasih atas kunjungn dan supportnya ya sohib...

      Hapus
  13. Berkunjung lagi, sambil oprek2 seluruh artikel disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mbak Indah...
      Btw, gak sampai nyasar kan?....

      Hapus
  14. Biasanya saya suka sama AVG bang seperti anti virus tersebut cukup bangus ya kan bang..hahahyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang Icah. Setuju banget. Didukung infonya juga untuk tahun 2012 lalu survey dari Mailist Pusatgratis.com begini :
      1. Avast Untuk Scan akurat
      2. AVG Untuk Pembasmi Virus

      Hapus
  15. wah thanks dah share sob kalau malware itu apa juga virus yang berbahaya sob soalnya dulu blog ku pernah kena itu saya biarkan aja akhirnya hilang sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti "kelangkung ya, datang gak diundang pulang gak diantar" hehehehe..... Just kidding guys...
      Sepengetahuan saya, itu tergantung jenis dan kegunaannya. Yang berbahaya adalah yang merugikan seperti membuat penuh disc/drive atau mencuri data... Kalau yang lain terserah sohib saja.
      Btw, kalau saya suatu program yang tanpa izin masuk ke dalam komputer saya, saya anggap virus dan pencuri... Lha wong masuk tanpa izin...

      Hapus
  16. Balasan
    1. Makasih atas kunjungannya..
      Btw, segera ke TKP

      Hapus
  17. Mantaf...sy jarang2 scan blog nih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kan, blognya mantaf kan Mbak Lia.. Apalagi dapat PR2 dari Si Mbah Google.
      Tapi, mbak lia gak jarang makan kan? hehehe...

      Hapus
  18. Selamat pagi Pandawa, aalhmadulillah.tk saat ini blog saya aman, gak ada virus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Om.. Blog-nya aman2 saja kok. Kalau ada virusnya, pasti saya gak bisa mengunjunginya dan saya juga akan berusaha jadi orang pertama yang memberi tahu.. hehehehe...
      Soalnya, pengawal saya langsung ngelindungi dan ngasi info... ada tiga lho Om...

      Hapus
  19. selamat siang bang masih seputar virus mudah"an semua terbebas dan yang terjangkit cepet terselesaikan amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Btw, makasih atas supportnya juga ya sohib...

      Hapus
  20. Ini juga barusan nyampai sana.. tapi untung saya pakai avira.. dengan web protection yang sudah saya aktifkan. Thanks kawan atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, Btw, terima kasih ya sohib atas supportnya.

      Hapus
  21. Kalau menggunakan browser google chrome yang menyematkan AVG, biasanya ada warning. Kira-kira peringatannya begini: "website yang akan anda kunjungi akan membahayakan komputer anda" . . . wow

    Kerugian yang nyata adalah berkurangnya traffic/pengunjung ke blog yang bervirus.

    Solusinya:
    - Lakukan scan secara rutin
    - Periksa seluruh link out/periode, khususnya yang doyan LE
    - Hapus sementara link yang terinfeksi
    - Beritahu admin tujuan, seperti yang di lakukan Anak Mas ini
    - Setelah virusnya musnah, jangan lupa pasang kembali linknya . . .hehehehe

    Mantab informasinya Anak Mas, terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, ada petuahnya juga nih Datok AH. Makasih banget sudah dishare-kan ya..

      Hapus
  22. Benar sob kalau suka online harus ada anti virus dan biar lengkap pakai lokal dan luar.Bahkan setiap selesai online saya scan pakai aplikasi yang lain.Terkadang selalu ada yang berusaha menyusup yang membuat PC lambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, setuju kang... Selama ini saya melakukan seperti itu, satu lokal dan dua dari luar (Avast + Kapersky atau Avast + AVG).. Hasilnya sangat memuaskan. Oh iya, hal ini karena di unit pekerjaan saya memakai 5 komputer.

      Hapus
  23. salamikum.....lam kenal mas.
    Testing nih....di blog ane ada ga ya..
    http://autolaqony.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali, ya sohib.. Blog yang dimaksud sejauh ini menurut penerawangan saya, aman2 saja. Semoga demikian ya..

      Hapus
  24. saya sendiri bahkan tidak pernah memikirkan soal virus sebelumnya,tapi sekarang baru mengerti setelah baca artikel yang satu ini,Terimakasih sob sudah berbagi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga bisa buat jaga-jaga. Karena jaman sekarang sangat canggih sekali kan Kang Dede. Kadangkala segala cara dibuat orang untuk menguntungkan diri sendiri...
      Btw, terima kasih atas support dan menu makanan ya kang...

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya malah baru tau mas...soalnya saya masih new blogger terimaksih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK"